Lalat Buah: Musuh Para Petani yang Harus Dibasmi

Buah terinfeksi lalat buah ( Dan Gold via Unsplash.com)
Buah terinfeksi lalat buah ( Dan Gold via Unsplash.com)


A. Apa itu Lalat Buah?

Lalat buah merupakan salah satu hama menyebalkan yang dapat menyebabkan kerugian besar, bahkan bisa sampai menyebabkan gagal panen. Terlebih dari itu, lalat buah juga yang menyebarkan telur ke dalam buah-buahan hingga tumbuhlah ulat buah yang bisa menggerogoti habis buah kesayangan kita. Masih belum terbayang seberapa buruk dampak yang diakibatkan oleh lalat buah? Yuk kita simak sama-sama

B. Apa Dampak yang Diakibatkan?

1. Kerusakan Fisik

Buah yang terkena lalat buah akan tidak cantik. Akan ada banyak bintik-bintik hitam yang muncul pada buah. Hal ini disebabkan karena lalat buah yang hinggap di suatu buah akan bertelur. Telur tersebut akan menetas sehingga jadilah ulat buah. Makhluk kecil menyebalkan inilah yang dapat membuat buah kita menjadi jelek secara penampilannya.

2. Penurunan Kualitas

Lalat buah tidak hanya merusak fisik buah saja, tapi juga dapat menurunkan kualitas buah tersebut. Hal ini pula yang menyebabkan buah yang dipanen itu menjadi memiliki cita rasa yang enak dan buruk.Kualitas yang buruk ini dapat mempengaruhi jumlah pembeli yang akan membeli buahnya.

3. Infeksi Bakteri dan Jamur

Belum sampai di situ, lalat buah juga dapat menimbulkan infeksi bakteri dan jamur. Lubang-lubang kecil yang dihasilkan dari lalat buah dapat menjadi pintu keluar masuk patogen-patogen jahat yang menyebarkan bakteri dan jamur. Tentu saja, hal ini dapat mempercepat kerusakan buah.

4. Mempercepat Pembusukan

Lalat buah dapat mempercepat proses pematangan buah. Buah yang cepat matang juga berarti cepat busuk. Hal ini pun juga berdampak pada penyimpanan buah dan beberapa petani buah juga diharuskan menjual buahnya dengan cepat agar tidak keburu busuk.

5. Penurunan Harga

Ini adalah dampak terbesar yang diakibatkan oleh lalat buah, kamu setuju? Pasalnya, semua poin di atas itu dapat mempengaruhi harga dari buah. Harga buah yang rendah dapat memberikan kerugian pada para petani buah. Terlebih, jika petani tersebut produksi buah dengan jumlah yang sangat besar, tentu sangat besar pula bukan kerugiannya?


C. Jika sudah Terkena, Bagaimana Solusinya?

Setelah terkena lalat buah, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Pertama-tama, kamu harus tahu dulu ciri buah yang terinfeksi itu seperti apa. Setelah itu, lakukan cara berikut:
1. Lakukan sanitasi : Kumpulkan buah yang telah terinfeksi lalat buah dan letakkan dalam satu wadah. Setelah itu, masukkan air dan tutup rapat dengan plastik. Dalam waktu 2 sampai 3 hari, larva akan mati.
2. Kumpulkan ke dalam plastik : Kumpulkan buah yang telah terinfeksi lalat buah dan ikat rapat sampai tidak ada udara yang masuk. Dalam waktu 4 sampai 5 hari, larva akan mati
3. Insektisida : Musnahkan lalat buah dengan penyemprotan isektisida 

D. Teknologi Pengendalian Hama

 1. Pra Panen

a. Pembungkusan

Cara ini adalah yang paling ampuh untuk mengatasi lalat buah. Pembungkusan dapat dilakukan saat buah masih berupa bunga. Kelebihannya, buahnya akan mulus dan kekurangannya adalah jika dalam skala besar.

b. Sanitasi Kebun

Lalat buah merupakan salah satu hama yang cepat berkembangbiak. Oleh karena itu, sanitasi kebun bermanfaat untuk memutus reproduksinya. Buah yang terinfeksi dapat dikumpulkan dalam satu tempat. Setelah dikumpulkan, buah tersebut bisa dibakar atau dikubur. Hal ini akan lebih efektif jika dilakukan dalam skala besar.

c. Pestisida

Penggunaan pestisida efektif untuk mengusir lalat buah, terutama kepada sayuran yang masa panennya tidak bersamaan atau kontinyu secara periodik, seperti cabai dan timun.

d. Gunakan Musuh Alami

Musuh alami bagi lalat buah adalah paristoid dan predator. Parasitoid yang ampuh untuk mengusir lalat buah adalah jenis Fopius dan Opius sp. Predator yang ampuh untuk mengusir lalat buah adalah Reduviidae, semut, dan laba-laba.


2. Pasca Panen

a. Radiasi

Radiasi dapat digunakan pada tanaman yang akan diekspor. Hal ini bertujuan untuk mencegah hama yang ada pada buah berkembang

b. Fumigasi

Fumigasi adalah suatu proses penyemprotan gas dengan tujuan untuk pengendalian mikoorganisme merugikan. Biasanya, fumigasi dilakukan di ruangan tertutup.

c. Pengaturan Suhu

Tidak jarang juga pengaturan suhu digunakan untuk pengendalian hama seperti lalat buah

E. Penutup

Jadi seperti sahabat tani! Apakah kamu sudah ada gambaran bagaimana cara menghadapi lalat buah yang menyebalkan ini? Semoga sukses ^_^. 


Referensi

https://home.banjarkab.go.id/cara-pengendalian-lalat-buah/
http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/98717/MENGENAL-DAN-CARA-PENGENDALIAN-LALAT-BUAH/
Lebih baru Lebih lama