DOC Stress: Ketahui Ciri-ciri, Penyebab, dan Solusinya di sini

Mengatasi DOC Stress (Gambar oleh Myriams-Fotos via Pixabay.com)
Mengatasi DOC Stress (Gambar oleh Myriams-Fotos via Pixabay.com)


Halo sahabat Fero! Adakah di antara kalian yang seorang peternak ayam? Pasti pernah donk merawat ayam dari DOC. Merawat DOC itu lebih susah dari pada merawat ayam yang sudah besar. Di antaranya, DOC lebih mudah stress dari pada ayam besar. Yuk kita bahas lebih lanjut tentang stress pada ayam.

A. Stress pada DOC 

Menurut KBBI, stress (bahasa Indonesia "stres") adalah gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang disebabkan oleh faktor luar. 
Ternyata, hal ini pun juga bisa terjadi pada DOC. DOC yang stres akan memiliki beberapa ciri seperti terlihat gelisah, sering minum, dan lain sebagainya. Kita akan membahas ciri-cirinya di sub bab selanjutnya.

B. Ciri-ciri DOC Stress

1. DOC Stres Sering Gelisah

DOC yang stess sering kali gelisah di dalam kandang. Terlihat dari bagaimana perilakunya. Jika terlihat ada DOC yang terlihat seperti gelisah, kemungkinan dia stress dan harus segera dipindahkan sementara sampai tenang agar tidak menular.

2. DOC Stress Sering Minum Air

DOC yang stress sering kali minum air di dalam kandang. Hal ini dikarenakan DOC tersebut ingin menurunkan suhu badannya. Jika kamu melihat ada DOC yang sering minum, kamu harus terus mengawasinya, bisa jadi dia terkena stress.

3. DOC Stress Tidak Nafsu Makan

DOC yang stress sering kali tidak makan makanan yang sudah kita berikan. Pasalnya, makanan merupakan sumber energi dan nutrisi bagi DOC. Jika tidak makan, maka DOC tersebut akan kekurangan energi dan nutrisi. Oleh karena itu, hal ini patut diwaspadai.

B. Penyebab DOC Stress

1. DOC Stress Karena Pemotongan Paruh

Kegiatan pemotongan paruh merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh para peternak ayam yang bertujuan agar DOC tidak menjadi kanibal. Terlebih, pemotongan paruh juga membantu DOC dapat lebih mudah menggapai makanannya.
Namun, kegiatan ini dapat membuat DOC stress. Oleh karena itu, setelah pemotongan segera berikan vitamin C dan K pada minuman agar lekas sembuh.

2. DOC Stress Karena Diangkut Transportasi

Proses pengantaran DOC dari satu tempat ke tempat lain merupakan hal biasa di zaman modern seperti ini. Terkadang, jarak pengantaran antar tempat itu bisa mencapai ratusan kilometer. Hal ini tentu saja dapat membuat DOC stress karena goncangan, kebisingan, kepanasan, dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, kamu bisa berikan vitamin pada DOC agar daya tahan tubuhnya kuat selama proses pengantaran.

3. DOC Stress Karena Bibitnya Tidak Berkualitas

DOC yang tidak berkualitas bisa saja gampang terkena stress. Hal ini dikarenakan memang bawaan genetiknya seperti itu dan jelas ini akan lebih sulit dan kecil kemungkinan bertahan hidupnya. Oleh karena itu, kamu harus teliti dan telaten untuk bisa memilih DOC yang berkualitas.

4. DOC Stress Karena Kandang

Kandang yang tidak sesuai dengan kriteria tertentu dapat membuat DOC Stress. Beberapa kriteria tersebut di antaranya adalah bebas dari kebisingan, tahan terhadap cuaca ekstrim, terlindung dari predator, dan masih memiliki ruang untuk DOC berkeliaran.

5. DOC Stress Karena Pergantian Pakan

Pakan yang berganti-ganti dapat membuat DOC stress. Namun, apabila pergantian pakan tersebut memang diharuskan, gantilah secara perlahan. Misal pada hari pertama, kamu mencampurnya dengan pakan lama dengan takaran pakan lama yang lebih banyak. Di hari selanjutnya, pakan baru ditambah dan pakan lama dikurangi. Begitu seterusnya sampai perlahan pergantian pakan teratasi.

6. DOC Stress Karena Suhu

DOC sangat sensitif dan mudah stress dengan suhu yang tidak sesuai. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa suhu dalam kandang tidak terlalu panas atau dingin. Terdapat beberapa perbedaan mengenai suhu yang nyaman bagi para DOC. Namun, kamu bisa mengenali ciri-ciri DOC tentang suhu dari perilakunya. 
Sederhananya, jika DOC sering bergerombol, terutama pada malam hari, kemungkinan DOC tersebut sedang kedinginan dan butuh kehangatan. Jika DOC menjauhi sumber penghangat, kemungkinan DOC tersebut kepanasan dan butuh penurunan suhu.

C. Solusi DOC Stress

1. DOC Stress dapat Diatasi dengan Memperhatikan Kandangnya

Kandang merupakan faktor penting dalam keberlangsungan hidup DOC. Oleh karena itu, harus segera diperhatikan. Perhatikan apakah kandang tersebut sudah memiliki suhu yang pas, bau yang tidak menyengat, kapasitas yang cukup, dan lain sebagainya yang dapat membuat DOC merasa nyaman.

2. DOC Stress dapat Diatasi dengan Mendiamkan Beberapa Menit 

DOC stress tidak dapat dihilangkan secara instan. Perlu beberapa waktu untuk menghilangkannya. Kamu bisa mendiamkan DOC tersebut dalam kandang yang digunakan dalam transportasi selama beberapa menit. 
Kamu bisa memanfaat kan waktu beberapa menit tersebut untuk istirahat sejenak. Setelah itu, segera pindahkan DOC ke kandang baru dengan memberikan air minum.

3. DOC Stress dapat Diatasi dengan Pemberian Vitamin

Vitamin merupakan salah satu peran penting dalam perawatan DOC, begitu juga dalam hal mengatasi DOC sterss. Kamu bisa menggunakan beberapa vitamin dari toko ternak terdekat dan mencampurkannya ke dalam minumannya dengan dosis yang tertera dalam kemasan vitamin.


Referensi

Lebih baru Lebih lama