5 Alasan Kamu Harus Menanam Cabe di Rumah

Menanam cabe di rumah (Steve Johnson via Unsplash.com)
Menanam cabe di rumah (Steve Johnson via Unsplash.com)


Halo sahabat Fero! Adakah di sini yang sangat suka sekali dengan makanan pedas? Pernah kepikiran ga sih ingin menanam cabe sendiri di rumah?

Kalo kamu kepikiran seperti itu, mungkin kamu harus tahu lebih lanjut deh mengenai alasan-alasan mengapa kamu harus menanam cabe di rumah. Yuk simak lebih lanjut:

1. Cabe Menjadi Selalu Ready Stock

Cabe merupakan salah satu bahan yang pasti sering terpakai di hampir semua  jenis masakan. Dengan menanam cabe di rumah, kamu tidak perlu takut kehabisan cabe. 
Kamu dapat memetik cabe kapan pun kamu mau dan tidak perlu repot-repot ke pasar atau ke tukang sayur untuk mendapatkan cabe.
Terlebih, cabe yang dipetik langsung dari pohonnya akan memiliki cita rasa yang jauh lebih segar dan pedas.

2. Menanam Cabe Bebas dari Kimia

Para petani cabe sering kali menggunakan pestisida kimia dalam merawat cabe agar tidak terserang hama. Namun, ada harga yang harus dibayar, yaitu kesehatan yang mungkin bisa saja mengancam orang-orang.
Dengan menanam cabe di rumah, kamu dapat kendali penuh terhadap kebunmu. Itu berarti, kamu bisa saja merawat cabe dengan tanpa menggunakan cara kimia. Alhasil, produk yang kamu hasilkan sendiri adalah produk yang sehat dan bebas dari kimia.

3. Menanam Cabe Jadi Hemat Biaya

Menanam cabe di rumah dapat menghemat biaya. Jika ingin menanam cabe di rumah, kamu hanya perlu tanah subur, pot sedang, dan biji dari cabe saja. Min Fero sendiri pernah menanam cabe dari tiga buah cabe dan tumbuh menjadi lebih dari 30 pohon cabe.
Dengan waktu sekali panen saja, kamu sudah pasti balik modal, bahkan untung besar.

4. Menanam Cabe Jadi Hobi Menyenangkan

Jika kamu pernah menanam tanaman, pasti akan ada sebuah rasa senang tersendiri di dalam hati. Begitu juga jika kamu menanam cabe di rumah, akan ada sebuah rasa menyenangkan jika cabe yang kamu tanam dari biji tersebut tumbuh, bahkan sambah berbuah.
Tidak hanya itu, ketika kamu pulang kerja dan letih, rasa letih tersebut seakan berkurang ketika kamu melihat tanaman hasil sendiri tumbuh.

5. Menanam Cabe Dapat Mengurangi Jejak Karbon

Mayoritas cabe yang dapat kita temui di tukang sayur dan di pasar berasal dari luar kota. Hal ini pun memerlukan transportasi untuk melakukan pengantaran barang. Oleh karena itu, karbon yang dihasilkan dari transportasi pun juga meningkat.
Dengan kamu menanam cabe di rumah, kamu sudah dapat dikatakan berkontribusi dalam upaya mengurangi jejak karbon.

Sahabat Fero! Itulah lima alasan mengapa kamu harus menanam cabe di rumah. Apakah kamu jadi makin tertarik?***
Lebih baru Lebih lama