Ingin Kandang Ayam Berkualitas? Perhatikan 6 Hal Berikut

Kandang ayam berkualitas (Finn Mund via Unsplash.com)
Kandang ayam berkualitas (Finn Mund via Unsplash.com)


Halo sahabat Fero! Pernah ga sih kepikiran untuk bisa punya kandang ayam berkualitas sendiri di halaman rumah? Rasanya enak sekali jika ingin ke kandang ayam, tempatnya mudah dijangkau, gampang dikontrol, dan lain sebagainya.

Kabar gembiranya, hal ini pun bisa kamu lakukan dan wujudkan sendiri, loh. Untuk membuat kandang ayam berkualitas, kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

1. Kandang Ayam Punya Ukuran Yang Pas

Kandang ayam berkualitas punya ukuran yang dibutuhkan tergantung berapa banyak populasi ayam yang ingin dipelihara. Semakin banyak ayam yang ingin dipelihara, semakin besar pula kandang ayam yang dibutuhkan.

Usahakan kandang ayam tidak terlalu sempit. Kandang ayam yang terlalu sempit akan menyebabkan overcrowding dan dapat mempengaruhi pertumbuhan kualitas ayam.

2. Kandang Ayam Punya Ventilasi

Kandang ayam berkualitas selalu memiliki ventilasi. Hal ini dikarenakan ventilasi sangat berfungsi untuk keluar masuknya udara. Keluar masuk udara dapat menyehatkan sirkulasi udara, mengeluarkan bau yang tidak diinginkan, dan menjaga agar kandang ayam tidak lembab.

Baca Juga : Peternak Broiler Wajib Masuk! Ini Dia 4 Penyebab Utama Ayam Broiler Mati

3. Kandang Ayam Punya Kemanan

Kandang ayam berkualitas juga memperhatikan keamanannya dari berbagai sisi, mulai dari keamanan dari predator, keamanan dari maling, keamanan cuaca ekstrim, dan lain hal sebagainya.

Pastikan kandang ayam cukup kuat agar tidak dapat ditembus oleh para predator seperti kucing, anjing, atau hewan liar lainnya.

Pastikan pula kandang ayam juga memiliki kunci gembok agar tidak ada yang dapat mencuri ayam-ayammu.

4. Kandang Ayam Punya Pencahayaan

Kandang ayam berkualitas juga memiliki pencahayaan yang bagus. Hal ini ditujukan untuk mengatur pola tidur. Ketika lampu kandang ayam dinyalakan, ini bisa menjadi tanda bahwa ayam harus bangun dan ketika dimatikan, ini bisa jadi tanda ayam harus tidur.

Dalam beberapa kasus, pencahayaan pada kandang ayam juga dapat mempengaruhi ayam tersebut stres atau tidak.

Baca Juga : Wajib Diperhatikan! Ini 5 Ciri Makanan Ayam Berkualitas

5. Kandang Ayam Harus Higienis

Kandang ayam berkualitas harus tetap higienis. Hal ini ditujukan agar kandang ayam selalu bersih. Jika pun kotor, pembersihannya pun tidak perlu repot dan mudah untuk dilakukan.

Kebersihannya pun bukan hanya berlaku pada kandang ayam saja, melainkan juga mengatasi soal sanitasi, kebersihan tempat makan dan minum, alas kandang, dan lain sebagainya.

Kandang ayam yang kotor dapat memunculkan berbagai macam penyakit dan jelas ini dapat merugikan peternakanmu.

6. Kandang Ayam dapat Melindungi dari Cuaca Ekstrim

Kandang ayam berkualitas juga dapat melindungi ayam dari cuaca ekstrim, seperti hujan, panas terik, dan angin kencang.

Ini berarti, harus ada beberapa peralatan tambahan yang juga diperlukan, seperti penghangat ruangan ketika cuaca hujan, kipas angin ketika suhu cuaca panas terik, dan beberapa perlengkapan lain.

Baca Juga : Jangan Asal Usir! 5 Hewan ini Mendatangkan Manfaat bagi Tanamanmu


Sahabat Fero! Memiliki kandang ayam berkualitas memerlukan biaya tambahan yang cukup besar. Namun, hal ini dapat meningkatkan produksi dan kualitas ayam sahabat.

Perlu diingat juga, kualitas ayam itu bukan hanya terletak pada kandang yang berkualitas saja, namun juga bergantung kepada kemampuanmu sendiri.***

Lebih baru Lebih lama